Capaian Pembelajaran Program Studi Teknik Mesin Fakultas Teknologi Industri ITNY diuraikan dalam 4 parameter deskripsi yang meliputi Sikap, Penguasaan Pengetahuan, Keterampilan Khusus, dan Keterampilan Umum. Empat parameter tersebut diadopsi dari SN-Dikti dan KKNI. Adapun rumusan Capaian Pembelajaran Lulusan Program Studi Teknik Mesin ITNY berdasarkan ke-empat parameter deskripsi tersebut dinyatakan sebagai berikut:

SIKAP (S)

  1. Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius (S1)
  2. Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral, dan etika (S2)
  3. Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan Pancasila (S3)
  4. Berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nasionalisme serta rasa tanggungjawab pada negara dan bangsa (S4)
  5. Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain (S5)
  6. Bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan (S6)
  7. Taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara (S7)
  8. Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik (S8)
  9. Menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri (S9)
  10. Menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan (S10)
  11. Memiliki kesadaran menambah pengetahuan, keterampilan dan sikap berdasarkan rasa ingin tahu, kemauan dan kemampuan untuk belajar sepanjang hayat (life long learning). (S11)

PENGUASAAN PENGETAHUAN (PP)

  1. Menguasai konsep teoretis sains alam, aplikasi matematika rekayasa; prinsip-prinsip rekayasa (engineering principles), sains rekayasa dan perancangan rekayasa yang diperlukan untuk analisis dan perancangan sistem mekanikal terintegrasi (meliputi rekayasa material, desain mekanika, sistem manufaktur dan konversi energi) (PP1)
  2. Menguasai prinsip dan teknik perancangan sistem, proses, atau komponen (PP2)
  3. Menguasai prinsip dan isu terkini dalam ekonomi, sosial, ekologi secara umum (PP3)
  4. Menguasai pengetahuan tentang teknik komunikasi dan perkembangan teknologi terbaru dan terkini (PP4)
  5. Berfikir secara menyeluruh dalam sebuah sistem dengan prioritas dan fokus pada keseimbangan dalam memberikan dan memutuskan rekomendasi penyelesaian (PP5)

KETERAMPILAN UMUM (KU)

  1. Mampu menerapkan matematika, sains, dan prinsip rekayasa (engineering principles) untuk mengidentifikasi, merumuskan dan menyelesaikan masalah rekayasa pada sistem mekanikal terintegrasi (meliputi rekayasa material, desain mekanika, sistem manufaktur dan konversi energi) serta melakukan pemodelan dalam membuat rekomendasi penyelesaian (KU1).
  2. Mampu menemukan sumber masalah rekayasa mekanikal kompleks yang terintegrasi melalui proses penyelidikan, analisis, interpretasi data dan informasi berdasarkan prinsip-prinsip rekayasa (KU2).
  3. Mampu melakukan dan melaporkan riset (mencakup penggalian topik dan judul, identifikasi, merancang penelitian, mengambil data, formulasi, mengolah data/analisis, menyimpulkan hasil dan memberi saran) terhadap masalah pada sistem mekanikal terintegrasi (KU3).
  4. Mampu merumuskan alernatif solusi untuk menyelesaikan masalah rekayasa kompleks pada sistem mekanikal terintegrasi dengan memperhatikan faktor-faktor ekonomi, kesehatan dan keselamatan publik, kultural, sosial, dan lingkungan (environmental consideration) (KU4).
  5. Mampu merancang, melakukan proses manufaktur (komponen atau peralatan), rekayasa produk dan sistem manufaktur serta operasi produksinya dengan pendekatan analitis dan standar teknis, aspek kinerja, keandalan, kemudahan penerapan, keberlanjutan, serta memperhatikan faktor-faktor ekonomi, kesehatan dan keselamatan publik, kultural, sosial, dan lingkungan (KU5).
  6. Mampu memilih sumberdaya, memanfaatkan, mengembangkan perangkat perancangan dan membuat program untuk membantu proses analisis rekayasa berbasis teknologi informasi dan komputasi serta otomatisasi sistem yang sesuai untuk melakukan aktivitas rekayasa di bidang sistem mekanikal terintegrasi (KU6).
  7. Mampu menjelaskan proses pengolahan, karakterisasi, memilih dan memanfaatkan material teknik di bidang rekayasa (KU7).
  8. Mampu merancang, menghitung dan analisis gaya, tegangan dan gerakan pada benda untuk merakit elemen-elemen untuk perbaikan kualitas yang berwawasan lingkungan (KU8).
  9. Mampu melakukan analisis, perhitungan, perencanaan, evaluasi dan optimasi yang berkaitan pemanfaatan energi (KU9).
  10. Mampu menerapkan prinsip dan teknik perancangan sistem tenaga listrik dalam mengendalikan mesin dengan memanfaatkan daya listrik, sistem kendali atau sistem elektronika (KU10).

KETERAMPILAN KHUSUS (KK)

  1. Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan/atau teknologi sesuai dengan bidang keahliannya (KK1).
  2. Mampu mengkaji implikasi pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan, teknologi atau seni sesuai dengan keahliannya berdasarkan kaidah, tata cara dan etika ilmiah untuk menghasilkan solusi, gagasan, desain, atau kritik seni serta menyusun deskripsi saintifik hasil kajiannya dalam bentuk skripsi atau laporan tugas akhir (KK2).
  3. Mampu mengambil keputusan secara tepat dalam konteks penyelesaian masalah di bidang keahliannya, berdasarkan hasil analisis terhadap informasi dan data (KK3).
  4. Mampu mengelola pembelajaran secara mandiri, melakukan eksperimen dalam menemukan ilmu pengetahuan dengan membuat formula berdasarkan literature yang diperoleh dan mempertahankan hipotesa (KK4).
  5. Mampu mengembangkan dan memelihara jaringan kerja dengan pembimbing, kolega, sejawat baik di dalam maupun di luar lembaganya (KK5).
  6. Memiliki keberanian membuka/mengembangkan usaha dan bisnis berdasarkan tujuan dan perencanaan enterpreneurship dalam dunia industri, melakukan inovasi strategi dengan menerapkan iptek dan mengelola sistem produksi (KK6).
  7. Mampu melakukan komunikasi secara efektif dengan bahasa Indonesia/bahasa Inggris maupun bahasa lainnya secara lisan maupun tulisan (laporan, interpretasi grafis menggunakan multimedia) dengan sesama engineer, manajer dan masyarakat (KK7).
  8. Mampu berfikir berdasarkan sistem engineering dalam menetapkan tujuan dan variabel sistem serta memastikan dapat dilaksanakan, mendefinisikan fungsi, konsep dan metode, pemodelan sistem dan manajemen pengembangan proyek (KK8).
  9. Mampu merancang proses berdasarkan pendekatan dan pentahapan dengan memanfaatkan pengetahuan disiplin ilmu maupun multi-disiplin ilmu untuk memberikan solusi dan menjawab tujuan (KK9).
  10. Mampu merancang implementation proses manufaktur dengan mengintegrasikan software dan hardware implementing proses sekaligus melakukan pengujian, verifikasi, validasi dan sertifikasi berdasarkan sistem manajemen yang digunakan (KK10).
  11. Mampu merancang dan mengoptimalkan proses operasi dengan melakukan training and operations untuk meningkatkan umur pakai dengan memodifikasi berdasarkan pertimbangan manajemen operasinya (KK11).

CPL berdasarkan parameter Badan Kerja Sama Teknik Mesin Indonesia (BKS-TM):

  1. Pengetahuan sains dan teknik (Science and Engineering Knowledge)
  2. Perancangan dan pengembangan solusi yang memperhatikan lingkungan dan keberlanjutan (Engineering Design and Development of Solutions based on Environment and Sustainability)
  3. Eksperimen dan Analisis data (Experimental and Data Analysis)
  4. Analisis masalah (Problem Analysis)
  5. Penggunaan peralatan modern (Modern Tool Usage)
  6. Komunikasi (Communication)
  7. Manajemen proyek dan biaya (Project Management and Finance)
  8. Kerja secara mandiri dan kelompok (Individual and Teamwork)
  9. Keinsinyuran dan Etika profesi (The Engineer, Society and Ethics)
  10. Pembelajaran sepanjang hayat (Life Long Learning)